Jalan-jalan “Lintas Jawa” dan “Ke Bulan” 3 Hari

Trip Hari Kasih Sayang-Hari raya Imlek kemarin adalah seri kesekian dari road trip kita. Penuh dengan nostalgia dan tawa. Nostalgia karena 2 bulan Desember sebelumnya, kita jalan dari Jakarta ke Bali, dimulai tanggal 24 jam 05.00 hanya untuk tiba di Be-ka-si jam 09.00. Kemacetan tergila yang pernah kualami di milenium ketiga! Gridlock gila. Di luar perkiraan. Butuh 30 jam untuk sampai di Jogja. Untung teman-teman berkepala dingin, jadi kita bisa menikmati perjalanan panjaaaaaang itu. Sesampai di Surabaya, Ocha pisah karena harus pergi ke tanah Arab untuk ibadah. Aku dan Acionk lanjut ke Bali.

Road trip Bali-Jawa kemarin juga penuh tawa. Mungkin karena mood sedang bagus. Mungkin karena tidak macet dan kita sering berhenti untuk makan. Comfort food dan kopi adalah resep terbaik untuk road trip seru. Selain itu, kita banyak obrol yang sesuai dengan rute perjalanan kita: ngalor-ngidul. Apa pun dibahas, terutama hal-hal “receh”:

  1. Harap-harap cemas H2C
  2. Lembur
  3. Pilar drainase
  4. Gaya nyanyi BCL
  5. Road trip orang lain
  6. Polem abadi Armand Maulana
  7. Perbedaan perlakuan berdasarkan penampilan
  8. Hand bag sebagai tameng untuk membungkam bullying
  9. Kemampuan untuk membayar dengan uang milik orang lain
  10. Semangat zero waste

Berbeda dengan trip dulu yang banyak berhenti (karena memang macet), tema dan semangat trip Valentine-Sinchia kemarin adalah semangat zero waste eh, semangat move forward aka jalan terus. Kita jarang berhenti. Seru juga. Highlights favorit antara lain:

1. Bali Barat

banyuwangi-bali-divingcomedy-theoriginalfin (6)Pantai-pantainya keren, landai, sepi, berpasir hitam. Ada pula yang berbatu-batu. Cukup nostalgik, membawa ke kenangan masa kecil perjalanan pertama ke dan dari Bali: berhenti di Medewi saat senja merona dan main sepakbola di pantainya yang landai-luas, sementara ombak ganas meraung-raung di samping kita….

 

2. Banyuwangi

banyuwangi-bali-divingcomedy-theoriginalfin (1).jpgTerkesan dengan taman-tamannya yang bersih dan “kemasan” kota yang cukup bersih. Sempat ke sebuah kampung wisata yang dekat perkebunan kopi tapi herannya banyak kafe (yes, the ones that sell coffee brewed in coffee machines) buka di atas jam 09.00, sementara kita sampai di sana jam 08.00. Where is my morning coffee? Masak kalah sama Indomart dan Alfamart?

3. Kota Batu (dan Malang)

Selalu pangling. Aku sudah menuliskannya.

4. Buleleng dan Singaraja

banyuwangi-bali-divingcomedy-theoriginalfin (4)Seru juga. Selama ini cuma dengar ada perkebunan anggur dan kilang anggur (winery) di Bali dan kemarin akhirnya melewati beberapa perkebunan anggur dan beli anggur yang fresh! Hebat deh Bali. Jalur ini lumayan tough karena naik-turun terjal. Untung Acionk dan Ocha belum pernah lewat sini, jadi mereka senang bisa dapat view baru, termasuk spot untuk lihat Danau Tamblingan dan Buyan sekaligus. Udara pun sejuk….

 


Oh ya, dari daftar itu, terlihat siapa yang dominan melempar topik. Ada 7 topik eksklusif dia, sampai-sampai kita merasa harus memberinya piala dan piagam. Hadiah uang tunai (di)tiada(kan) lolAnyway, perhatian khusus diberikan ke topik nomor 5. Kisahnya, ada seorang kenalan yang mengaku melakukan road trip lintas Sumatra. Orang-orang terkesima. Begitu insan itu ditanyai rutenya? Ternyata…Lampung-Merak (doang….). Kalau begitu, boleh dong kita ngaku-ngaku trip ini lintas Jawa! Hahahaha. Kita bisa mendramatisasi sesuatu dengan mudahnya. Kadang, apa yang kita ucapkan bisa diterima berbeda oleh orang lain. Itu juga yang terjadi denganku. Ceritanya seperti ini:

Selama jalan, Acionk sering banget putar lagu 3 Hari untuk Selamanya. Mungkin karena perjalanan kita 3 hari. Melodinya catchy dan duluuu, aku pernah dengar. Jadi, nggak asing. Tapi justru baru kemarin aku tahu lirik aslinya. Selama ini aku dengar “ke bulaaaan…”, ternyata “percumaaa…”. Nggak penting sih, tapi bolehlah buat bahan ketawa. Begitulah inspirasi posting yang judulnya bombastis….

 

Advertisements

2 Comments Add yours

  1. akyu says:

    Anda lupa 1 day 1 juz

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s